Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Hingga 9 Bulan

Makanan sehat apa yang perlu dikonsumsi ibu hamil muda sampai kandungan mencapai 9 bulan wajib untuk dipelajari. Calon ibu pasti tidak ingin bayi yang dilahirkan nanti mengalami suatu kekurangan, oleh karena itu sejak mulai diketahui sudah hamil maka sebaiknya mengatur pola makan sehat bergizi.

Untuk mudahnya dan secara umum lebih memperbanyak sayuran bergizi dan buah-buahan tapi karena terdapat perbedaan antara ibu hamil muda dengan yang hamil 1 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan, 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan dan 9 bulan maka disini akan dijelaskan secara terpisah agar lebih mudah memahami dan mengetahui makanan sehat sesuai kondisi kehamilan.

Sebelum dipaparkan, perlu menekankan diri terlebih dahulu bahwa makanan sehat yang dijelaskan nantinya untuk kebutuhan calon bayi jadi jika ada daftar makanan yang tidak ibu sukai sebaiknya bisa lebih menyampingkan dan berusaha untuk mengkonsumsinya karena ini semua agar bayi nantinya sehat serta lahir dengan normal.

Biar tidak terlalu panjang, berikut akan dibuat pengelompokan sesuai dengan bulan kehamilan. Juga nantinya pada akhir tulisan akan diinformasikan makanan tambahan ataupun supplemen elken spirulina yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu bisa baca tentang hal tersebut pada tulisan Manfaat Elken Spirulina Untuk Ibu Hamil yang perlu juga untuk diketahui.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Calon ibu yang baru pertama sekali hamil apalagi masuk kategori hamil muda biasanya kebingungan harus makan apa agar bisa memberikan efek baik pula kepada diri dan calon bayi. Kebanyakan dapat saran dari keluarga, teman terdekat untuk makanan yang dibolehkan dan tidak dibolehkan yang malah membuat bingung jadi serba salah untuk makan.

Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, ini dia makanan sehat untuk ibu hamil muda maupun yang berusia 1 bulan.

Minyak Zaitun

Pasti sudah tidak asing dengar minyak zaitun bukan? Salah satu minyak yang mempunya banyak manfaat maupun khasiat bagi orang yang menggunakannya. Kebanyakan orang mengetahui bahwa minyak zaitun hanya berguna untuk menghaluskan kulit. Namun untuk ibu hamil muda sangat baik sekali untuk dikonsumsi karena dapat membuat bayi yang ada dalam kandungan lebih sehat.

Kacang-kacangan

Protein salah satu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, terkhusus janin yang ada di dalam kandungan juga membutuhkan protein. Mengonsumsi makanan yang termasuk ke dalam kacang-kacangan sangat bagus karena banyak sekali kandungan protein, kalsium serta serat yang bagi ibu hamil umumnya sering kena sembelit maka penting makanan sehat ini untuk dikonsumsi.

Sayuran Hijau

Seperti yang telah disebutkan diatas, bagi calon ibu yang tidak suka makan sayur maka mulailah untuk belajar karena jangan sampai ibu yang tidak suka sayur membuat calon bayi jadi tidak mendapatkan makanan bergizi. Sayuran hijau seperti brokoli dan banyam merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Kedua jenis sayuran tersebut memiliki tiga jenis kandungan vitamin, mulai dari vitamin a, c, dan k serta terdapat kandungan asam folat yang bagi janin dapat membuat pertumbuhannya normal. Selain itu, sayur hijau juga dapat membuat mata jadi lebih sehat baik calon ibu maupun calon bayi.

Untuk sayuran hijau sebaiknya terus untuk selalu dikonsumsi sampai masa kelahiran karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat diperlukan janin selama berada dalam kandungan.

Mengonsumsi Telur

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang manfaat telur bagi ibu hamil dan bisa jadi juga jarang dikonsumsi. Kandungan kolin yang terdapat pada telur bisa mengurangi resiko janin terkena penyakit selama di kandungan serta bagi ibu hamil juga meminimalkan stress selama masa kehamilan sampai persalinan.

Kandungan protein, 12 macam vitamin serta protein yang semuanya ada pada telur sangat dapat membantu proses pembentukan sel-sel pada janin, dengan demikian saat bayi lahir nantinya dalam keadaan sehat serta normal. Dengan demikian, konsumsi telur sebaiknya terus dilakukan sampai proses persalinan dan pastikan saat memasaknya benar-benar matang.

Buah-Buahan

Buah-buahan juga salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda dan hamil 1 bulan yang bagus untuk dikonsumsi karena selain banyak mengandung vitamin, juga memiliki antioksidan yang bisa mengatasi racun pada tubuh. Hal ini bisa membahayakan janin apabila ada racun yang masuk tanpa sepengetahuan ibu, tapi dengan mengonsumsi buah-buahan hal tersebut bisa dihindari.

Ikan Segar

Ibu yang hamil muda sangat bagus apalagi bisa mengonsumsi ikan yang segar karena protein serta zat besi yang terdapat pada ikan segar dapat membantu terbentuknya kecerdasan otak pada janin selama dalam kandungan.

Konsumsi Air Putih

Air putih yang apabila dirutinkan meminum sesuai dengan kebutuhan setiap harinya akan dapat menjaga kesehatan, apalagi ibu yang lagi hamil muda sangat perlu juga untuk selalu minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi serta menjadi obat yang bagus untuk mengatasi mual saat masa-masa hamil muda.

Dari berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda maupun hamil 1 bulan yang telah dipaparkan, paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh. Karena biasanya ibu yang hamil muda masih mau melakukan aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan, tapi bisa jadi karena kebutuhan ekonomi juga akhirnya harus melakukannya.

Apabila hal tersebut dialami, maka usahakan untuk membagi waktu agar dapat beristirahat dan tidak terlalu memforsir tubuh untuk melakukan aktivitas rutin seperti halnya sebelum hamil.

Makanan Sehat Untuk Ibu hamil 3 bulan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 3 Bulan

Masa kandungan yang sudah memasuki 3 bulan pola makan sehat yang dikonsumsi berbeda dengan penjelasan sebelumnya. Hal ini dikarenakan janin mulai berkembang dengan membentuk anggota badan. Pada tiga bulan pertama organ tubuh mulut serta hidung janin mulai terlihat yang diikuti dengan lengan dan tungkai, dan pada masa ini juga tangan janin sudah bergerak aktif.

Pada pertengahan bulan ketiga, sistem saraf janin sudah masuk pada tahap sempurna dan pembentukan telinga juga sudah memasuki proses akhir. Janin sendiri juga telah dapat menekuk tangan seperti berbentuk setengah kepalan.

Ibu yang telah mengetahui hal ini, bagi yang memakai USG biasanya sudah terlihat bentuk janin. Pasti tidak ingin terjadi sesuatu dengan anak yang sedang dikandung, oleh karena itu perlu juga dan harus memperhatikan makanan sehat apa yang baik untuk dikonsumsi saat memasuk kandungan 3 bulan. Berikut beberapa jenis makannya:

Mengonsumsi Kacang Almond

Kacang almond yang mempunyai banyak nutrisi penting seperti vitamin E, protein dan omega 3 sangat diperlukan oleh janin yang sedang mulai berkembang. Seperti halnya vitamin E yang dapat membantu peningkatan jumlah darah dalam tubuh, juga bisa menyiapkan tempat janin dan dapat menjadi salah satu makanan bagi calon bayi selama berada di kandungan. Oleh karena itu, jangan sampai ibu mengalami kekurangan vitamin E karena akan berbahaya bagi janin serta ibu hamil.

Sayuran Asparagus

Dari namanya terdengar aneh, tapi tahukah ibu bahwa asparagus dapat mengatasi permasalahan yang sering dihadapi ibu hamil seperti morning sickness. Sayuran asparagus yang mengandung vitamin D sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin untuk mencerna kalsium serta sangat berperan dalam mengatasi insomnia yang biasa dialami saat akhir bulan ketiga masa kehamilan.

Sayuran Bayam

Seperti halnya ibu hamil muda, makanan sehat untuk ibu hamil 3 bulan juga dianjurkan memakan sayuran bayam. Mengingat janin yang sudah mulai aktif, maka ibu perlu untuk menjaga agar produksi sel darah merah tetap berjalan bagus agar tetap terjaga juga aliran darah dari tubuh ibu ke rahim atau janin.

Ikan Salmon

Sepertinya ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi, semua orang sudah tahu bahwa ikan salmon merupakan jenis ikan yang paling banyak mengandung berbagai macam gizi. Walau harga ikan salmon bisa dikatakan paling tinggi dari jenis ikan lainnya, namun tidak ada salahnya sesekali ibu hamil mengonsumsinya dan bukan hanya hamil 3 bulan, tapi jika memang sanggup bisa terus pada hamil usia bulan selanjutnya.

Omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon sangat bagus untuk membuat perkembangan otak calon bayi, sehingga nantinya bayi yang dilahirkan akan memiliki otak yang lebih baik dari yang tidak mengonsumsi ikan salmon.

Selain itu juga terdapat namanya DHA yang sangat berfungsi untuk mengantarkan rangsangan saraf ke otak, membuat indera penglihatan lebih baik sehingga dapat terhindar dari kebutaan dan juga bisa mencegah terjadinya keguguran.

Masih banyak sekali manfaat ikan salmon untuk ibu hamil, untuk lebih jelasnya dapat melakukan pencarian khusus untuk informasi ini.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Semakin lama usia kandungan maka pergerakan anak semakin aktif, ibu hamil yang telah memasuki usia kandungan 4 bulan juga harus semakin perduli dalam hal makanan. Berikut beberapa makanan sehat untuk ibu hamil 4 bulan yang bisa jadi referensi:

Makanan Mengadung Omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 sangat bagus untuk terus dikonsumsi, karena pada masa hamil 4 bulan otak janin lebih semakin berkembang. Untuk itu setiap makanan yang di dalamnya ada omega 3 perlu untuk dikonsumsi agar membuat otak bayi nantinya jadi lebih baik. Makanan mengandung omega 3 sebaiknya diteruskan sampai proses melahirkan.

Makanan banyak Vitamin B6

Mungkin ibu bertanya kenapa harus vitamin B6 bukan? Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah rasa mual yang bisa dibilang hampir selalu dialami. Dengan memakan makanan yang didalamnya terdapat vitamin B6 maka dapat mengurangi rasa mual. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain beras merah, kacang tanah, biji gandum, ikan laut, daging merah non lemak, ikan laut, alpukat dan buah pisang.

Makanan yang mengandung magnesium

Apabila ibu ingin melihat buah hati nantinya lahir dengan ukuran tubuh yang panjang dan lingkar kepala yang normal maka perlu untuk selalu mengonsumsi makanan yang didalamnya terdapat magnesium. Selain itu juga berat badan bayi yang sehat juga bisa didapatkan dengan merutinkan makan makanan yang mengandung magnesium selama usia kandungan 4 bulan. Jenis-jenis makanan tersebut antara lain melon, gandum, sayuran hijau, dan kacang kedelai.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Ibu yang hamil usia kandungan 5 bulan perlu semakin menjaga pola makan serta memilih makanan yang tepat, agar pertumbuhan janin tetap terjaga. Berikut makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan yang perlu untuk diketahui:

Makanan mengandung Zat Besi dan Vitamin C

Sama dengan penjelasan sebelumnya, ibu hamil 5 bulan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi karena berhubungan dengan pembentukan sel darah merah serta dapat menghindarkan dari terkena anemia. Sedangkan untuk makanan yang terdapat vitamin C juga perlu untuk membantu dalam menyerap zat besi serta bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi jaringan tubuh. Contoh makanan bisa konsumsi ubi jalar.

Makanan yang terdapat kalsium dan vitamin D

Pembentukan tulang dan gigi mulai berlangsung pada masa kehamilan 5 bulan, oleh sebab itu diperlukan cadangan kalsium yang banyak. Janin akan mengambil kalsium langsung dari tulang ibunya yang bagi kekurangan kalsium selama hamil dapat menyebabkan ibu terkena osteoporosis. Selain itu dengan makan makanan yang mengandung kalsium juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah selama hamil dan untuk vitamin D sendiri berperan sebagai penyerap kalsium.

Membiasakan diri berjemur di bawah sinar matahari pagi (jangan lewat dari jam 9) sangatlah bagus karena akan membuat tubuh ibu jadi lebih terjaga serta ini juga merupakan cara untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi, dan untuk makanannya bisa mengonsumsi hati ikan serta kuning telur.

Konsumsi Makanan mengandung Vitamin A

Vitamin A pada proses kehamilan 5 bulan dapat berperan sebagai antibody atau menjaga kekebalan tubuh janin dan membantu pertumbuhan janin. Memakan makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan yang terdapat vitamin A juga bermanfaat pada fungsi penglihatan, tulang serta kulit janin. Untuk makanannya bisa didapatkan pada tomat, wortel, bayam, buah naga, dan juga apel. Makanan tersebut disarankan dikonsumsi secukupnya dan tidak terlalu berlebihan.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Masa hamil 6 bulan, janin sudah bisa berinteraksi dengan ibunya. Perubahan terlihat jelas pada tubuh ibu pada bagian perut yang semakin besar, sedangkan pada calon bayi bagian otak sudah mulai aktif, organ tulang serta sendi juga bertambah kuat, pembuluh darah semakin berkembang, organ saluran nafas, mulut serta bibir juga telah terbentuk dengan sempurna.

Mengetahui hal itu pastinya ibu selalu ingin agar sampai proses akhirnya nanti calon bayi tetap sehat. Hal yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu agar anak juga mendapatkan nutrisi yang sama pastinya sehat.

Berikut makanan sehat untuk ibu hamil 6 bulan yang baik untuk dikonsumsi:

Memakan Telur Bebek

Telur bebek mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh janin selama masa pertumbuhan. Dari sekian banyak nutrisi yang ada, paling penting yang didapatkan dengan mengonsumsi telur bebek adalah kolin.

Kolin berperan penting untuk menghindarkan bayi nantinya memiliki tingkat intelejensi rendah serta mengalami cacat tabung syarat. Namun saat mengonsumsinya, pastikan dengan benar bahwa telur bebek telah masak atau matang dan jangan sampai memakan yang mentah atau kurang matang karena hal ini bisa menyebabkan masuknya bakteri listeria.

Konsumsi Sayuran Buncis

Buncis yang merupakan golongan dari kacang-kacangan termasuk makanan sehat untuk ibu hamil 6 bulan. Memiliki kandungan protein serta serat yang tinggi dapat berguna dalam mengatasi masalah pencernaan yang menyebabkan kesulitan saat buang air besar serta diare yang biasa dialami oleh ibu pada hamil bulan keenam.

Sebelum dikonsumsi, usahakan untuk mencuci buncis pada air yang mengalir karena kebanyakan jenis sayuran ini disemprot dengan menggunakan zat kimia seperti pestisida sebelum dilakukan pemanenan. Pastikan benar-benar bersih barulah bisa dimasak.

Memakan Daging Tanpa Lemak

Terkadang ibu hamil takut semakin gemuk karena perut sudah besar pada usia 6 bulan, sehingga melakukan diet selama hamil dan menghindar dari makanan berbau daging. Sebaiknya hal tersebut dikesampingkan jika ingin anak terlahir sehat.

Daging yang didalamnya terdapat nutrisi penting juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan janin. Apabila ingin memakan daging, pilih bagian pahanya karena pada bagian ini lemak lebih rendah dibanding bagian lainnya.

Hobi makan ayam bakar dan sate? Sebaiknya untuk sementara ditinggalkan dulu karena proses olah makanan tersebut dilakukan pada suhu rendah sehingga bisa saja masih terdapat bakteri toksoplasma pada makanan tersebut yang apabila di konsumsi juga akan memberikan dampak negatif kepada janin.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 7 sampai 9 Bulan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 7, 8, 9 Bulan

Apabila usia kandungan telah masuk 7 bulan maka berarti sudah mulai dekat proses kelahiran, tinggal melewati 8 bulan dan 9 bulan. Sebaiknya ibu lebih semakin menjaga makanan yang akan masuk ke dalam tubuh, karena janin saat masa-masa 7,8, hingga 9 bulan telah sempurna.

Lantas apa saja makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan, 8 bulan, hingga 9 bulan? Apakah sama dengan kehamilan pada bulan sebelumnya? Berikut jenis-jenis makannya:

Minum Susu

Ibu yang telah memasuk usia kehamilan 7 bulan hingga 9 bulan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu setiap harinya karena pada masa ini usia kehamilan sudah semakin tua dan perut sudah sangat besar sehingga kondisi ibu juga perlu dijaga. Sebaiknya merutinkan meminum susu secara teratur setiap hari sebelum tidur.

Memakan Buah Pepaya

Buah pepaya dapat membantu ASI menjadi lebih banyak, masa kehamilan pada usia ini sudah pantas untuk mempersiapkan ASI dalam jumlah banyak karena setelah proses melahirkan makanan pertama sekali yang dibutuhkan oleh anak ada ASI.

Selain itu juga dengan rajin mengkonsumsi pepaya dapat membantu meredakan rasa nyeri di lambung yang terkadang dialami oleh ibu hami 7 hingga 9 bulan.

Mengonsumsi Vitamin K

Ibu hamil pada usia kehamilan ini disarankan untuk memakan makanan yang mengadung vitamin K karena dapat berperan saat proses pembekuan darah apabila terjadi luka atau pendarahan dalam tubuh serta menghindarkan dari keguguran.

Untuk makanan yang mengandung vitamin K dapat ditemukan pada wortel, tomat serta sayuran berwarna hijau.

Yogurt

Semakin mendekati proses melahirkan, ibu hamil lebih sering terkena susah buang air besar atau konstipasi. Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil agar terhindar dari susah buang air besar adalah yoghurt yang memiliki banyak serat sehingga melancarkan buang air besar.

Konsumsilah Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Untuk Ibu Hamil

Pada gambar diatas ada penjelasan tentang elken spirulina yang merupakan makanan tambahan baik dikonsumsi untuk ibu hamil, agar lebih jelas silahkan klik gambarnya untuk hasil yang lebih besar.

Dari berbagai penjelasan yang telah dipaparkan secara berkelompok sesuai dengan usia kehamilan, bisa jadi ada ibu yang merasa terbebani karena harus makan makanan yang paling tidak disukai. Namun mengingat ini semua untuk kesehatan janin sebaiknya upayakan untuk mencoba makanan sehat untuk ibu hamil agar bayi lahir dengan sehat serta normal dan tidak ada kekurangan sedikitpun.