Informasi Makanan Penurun Kolesterol dalam Tubuh

Makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh perlu untuk diketahui khususnya bagi yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Tubuh menghasilkan secara alami kolesterol sebanyak 80 persen yang berasal dari organ hati sedangkan sisanya berasal dari makanan.

Kolesterol sendiri tidak selamanya sifatnya menguntungkan bagi tubuh, ada juga yang malah merugikan dan hal ini tanpa disadari jika salah dalam memilih makanan maka dapat menyebabkan berlebihnya kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mendatangkan penyakit.

Beberapa penyakit seperti gagal ginjal, kena serangan jantung, stroke, mengalami gangguan vitalitas bagi pria dan penyakit lainnya yang ditimbulkan karena kolesterol jahat. Semakin banyak kolesterol dalam tubuh dapat membuat aliran darah pada arteri akan mengalami penyumbatan yang akhirnya mendatangkan penyakit karena darah tidak mengalir normal.

Oleh karena itu, sudah perlu untuk memulai makan makanan untuk menurunkan kolesterol darah agar tidak mengalami penyakit tersebut. Dengan mengonsumsi makanan yang dapat melawan kolesterol jahat maka terjadi keseimbangan di dalam tubuh. Berdasarkan informasi yang di dapat, ada beberapa makanan untuk mengurangi kolesterol yang baik untuk di konsumsi.

Makanan Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Makanan Penurun Kolesterol

Seperti yang telah disebutkan, bahwa kolesterol jahat perlu dilawan untuk mencegah penyakit dimana salah satunya meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah dengan memakan makanan yang dapat menyebabkan hal tesebut terjadi.

Ada 6 makanan yang baik untuk dikonsumsi, antara lain:

Ikan

Mengonsumsi ikan berdasarkan penelitian yang ada dapat membantu membuat kolesterol jadi turun, namun dalam hal ini tidak semua jenis ikan yang dapat melakukan hal tersebut. Hanya ikan salmon, makarel, sarden, herring serta halibut yang kesemuanya mengandung omega 3 yang dapat membantu proses penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan HDL.

Untuk mengonsumsinya upayakan tidak menggoreng ikan tersebut karena hal tersebut dapat membuat jumlah lemak buruk bertambah, sehingga langkah yang tepat adalah dengan memanggang ataupun merebus.

Minyak Ikan

Jika sebelumnya disarankan makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah adalah dengan konsumsi ikan, maka pilihan lainnya juga dapat mengonsumi minyak ikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, minyak ikan yang didalamnya mengandung omega 3 dapat mengurangi resiko irama jantung yang tidak normal, dimana ini disebabkan karena berlebih kolesterol jahat.

Oleh karena itu, saat ini semakin banyak juga supplemen yang dapat dikonsumsi sehari-hari merupakan hasil olahan dari minyak ikan dengan begitu akan lebih mudah untuk mengonsumsinya.

Bawang Putih

Dikenal sebagai bumbu dapur, bukan berarti bawang putih berfungsi untuk makanan saja. Salah satu jenis rempah-rempah ini juga dapat membantu proses berkurangnya tingkat kolesterol khususnya LDL di dalam tubuh. Kandungan zat sulfur yang terdapat di dalamnya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melebarkan area pembuluh darah.

Untuk cara penyajiannya dapat dikonsumsi langsung daam keadaan mentah atau juga ditambahkan pada makanan lain yang dihidangkan agar tidak terlalu terasa bawang putih tersebut.

Kacang-kacangan

Kacangan seperti kacang tanah, kenari, kacang merah, almond, hazelnut, pistachios maupun walnut merupakan jenis kacang-kacangan yang dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat menyehatkan pembuluh darah karena mengandung asam lemak tak jenuh.

Resiko terkena serangan jantung dapat diminimalisir dengan merutinkan memasukkan kacang-kacangan ke dalam menu makanan sehari-hari dimana hal ini merupakan pernyataan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA.

Untuk proses penyajian akan lebih baik dan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi dalam kondisi mentah tanpa ada campuran bahan lainnya seperti campuran gula ataupun garam yang dapat menambah jumlah kalori pada kacang. Bagi yang kadar kolesterolnya tinggi disarankan untuk konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Minyak Kelapa

Untuk makanan menurunkan kolesterol darah yang satu ini ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa minya kelapa adalah minyak yang paling baik dikonsumsi, karena pada dipanaskan kandungan yang terdapat dalam minyak tidak membuatnya menjadi berbahaya saat dikonsumsi nantinya.

Kandungan vitamin E dan zat besi yang terdapat di dalamnya juga menjadi poin penting bagi para ahli yang menyatakan bahwa minyak kelapa dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Alpukat

Buah alpukat tanpa diketahui banyak orang ternyata memiliki kandungan lemak baik, dimana dengan adanya lemak ini dapat mengurangi lemak jahat maupun kolestero jahat yang ada pada tubuh.

Mengonsumsi buah alpukat selain untuk menurunkan kolesterol juga dapat menjadi pelindung tubuh dari radikal-radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh karena buah ini mengandung antioksidan juga.

Spirulina

Ganggang hijau yang telah diteliti oleh banyak ahli serta mendapatkan pengakuan dari lembaga kesehatan dunia (WHO) salah satu manfaatnya adalah dapat menjadi makanan alternative yang alami untuk menurunkan kolesterol darah.

Memiliki banyak zat penting serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh menjadikan spirulina sebagai salah satu makanan tambahan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Berkat manfaat yang diberikan, sehingga banyak pihak yang mulai membuat spirulina sendiri dengan cara menanamnya pada tempat yang dijaga kualitas agar menghasilkan produk spirulina siap konsumsi.

Selain itu juga, mulai banyak orang yang jual spirulina di pasaran dengan berbagai merk ternama yang sudah mendapatkan respon positif dari konsumen.

Perhatikan Cara Penyajian Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Dari beberapa makanan penurun kolesterol yang telah dijelaskan, ada beberapa yang dalam penyajiannya perlu untuk diperhatikan. Jangan sampai yang niat awal ingin mendapatkan hidup sehat dengan berkurangnya kolesterol jahat jadi malah mendapatkan penyakit karena saat menyajikan makanan tersebut salah prosesnya.

Mencegah merupakan salah satu cara yang paling baik untuk dilakukan, sehingga informasi ini sebenarnya bukan hanya untuk orang yang sedang mencari makanan menurunkan kolesterol darah saja tetapi juga untuk orang sehat yang kadar kolesterol baik dan jahatnya masih stabil juga bagus untuk mulai konsumsi makanan-makanan tersebut.